Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengoptimalkan Peran Guru Penggerak Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Authors

  • Umi Kulsum Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto, Jawa Timur Author

DOI:

https://doi.org/10.111322/x2v5zj85

Keywords:

Strategi, Kepala Sekolah, Peran, Guru Penggerak, Pemimpin Pembelajaran, SD Maarif Jogosari, Program Guru Penggerak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan peran guru penggerak, (2) hasil strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan peran guru penggerak, dan (3) faktor pendukung dan kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam mengoptimalkan peran guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran di SD Maarif Jogosari Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen sekolah. Hasil penelitian ini adalah: (1) strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan peran guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran mengimplementasikan dua program utama yaitu menugaskan guru penggerak sebagai reviewer program sekolah dan sebagai koordinator pelaksana program sekolah; (2) hasil strategi kepala sekolah antara lain guru penggerak berkontribusi dalam penyusunan KOSP dan RKT sekolah, menjadi koordinator pelaksana program coaching clinic, pembelajaran diferensiasi, projek penguatan profil pelajar Pancasila, content creator sekolah, dan kolaborasi sahabat pena; (3) faktor pendukung startegi kepala sekolah di antaranya: motivasi guru, dukungan orang tua murid, dan pemenuhan sarana prasarana, sedangkan faktor kendala yang dihadapi yaitu: manajemen waktu, kurangnya dukungan pemerintah, serta persepsi guru yang berbeda terhadap implementasi kurikulum merdeka

References

Agustinus Hermino. (2014). Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anwar, M. K., & Pramudibyanto, H. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Implikasinya terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal Kependidikan Nusantara, 5(1), 56–66. https://doi.org/10.32529/jkn.v5i1.987

Ashari, A., & Zakariyah, A. (2024). Pendidikan sebagai Hak Asasi Manusia: Kajian Konstitusional dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Hukum dan Pendidikan, 6(1), 12–25.

Dirjen GTK. (2021). Program Guru Penggerak: Pedoman Pelaksanaan Angkatan 4. Kemendikbudristek.

Dirjen GTK. (2022). Pedoman Guru Penggerak Angkatan 7. Kemendikbudristek.

Dirjen GTK. (2023). Seleksi Nasional Guru Penggerak Angkatan 10. Kemendikbudristek.

Fitriyani, R., & Fauziah, L. (2021). Peran Strategis Guru Penggerak dalam Transformasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 101–112. https://doi.org/10.21009/jip.v8i2.453

Kemendikbudristek. (2021). Permendikbudristek No. 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Kemendikbudristek. (2022a). Permendikbudristek No. 22 Tahun 2022 tentang Pendidikan Guru Penggerak.

Kemendikbudristek. (2022b). Merdeka Belajar Episode 7: Program Guru Penggerak. https://gurupenggerak.kemdikbud.go.id

Kurniawan, D., & Sari, M. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 44–55. https://doi.org/10.21009/JAP.27.1.4

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2021). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyoto, A., dkk. (2013). Mutu Pendidikan dan Kepemimpinan Sekolah. Surabaya: Penerbit Mandiri.

Mustofa, A., & Sari, N. (2023). Evaluasi Implementasi Program Guru Penggerak dalam Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 34–47. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.62134

Permendiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah.

Rohiat. (2008). Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Suprayogo, I. (1999). Kepemimpinan dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(2), 157–172.

Susanto, H., & Rahayu, N. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 9(2), 88–99.

Widodo, A., & Nurhadi. (2024). Optimalisasi Peran Guru Penggerak dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Transformasi Pendidikan, 4(1), 77–89. https://doi.org/10.31219/osf.io/jg4tv

Downloads

Published

2025-10-16

Issue

Section

Articles

How to Cite

Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengoptimalkan Peran Guru Penggerak Sebagai Pemimpin Pembelajaran. (2025). Journal of Education and Contemporary Linguistics , 2(02), 118-131. https://doi.org/10.111322/x2v5zj85