Kepemimpinan Strategis Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.111322/rz122j41Keywords:
Strategi, Kepala Madrasah, Mutu PendidikanAbstract
Minimnya mutu pendidikan dan relevansi terhadap perkembangan zaman menjadi tuntutan kepala sekolah dalam mengelola lembaga pendidikannya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kepala sekolah yang profesional adalah yang mampu mengelola serta mengembangkan lembaga pendidikannya karena memiliki peranan penting didalamnya. Maka kepala sekolah perlu memilih strategi yang tepat dan sesuai dengan relevasi perkembangan zaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di SMP Darul Ulum. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisi data menggunakan teknik deskripsi, sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kepemimpinan Kepala sekolah SMP Darul Ulum Karangpandan, Rejoso Pasuruan yakni meningkatkan kualitas kinerja guru, menekankan guru harus bisa menjadi tauladan dalam membentuk karakter, dan perilaku siswa. 2) Mutu pendidikan di SMP Darul Ulum meningkatkan mutu pendidikan baik dalam penerimaan siswa, tenaga pendidik, serta meningkatkan kelengkapan sarpas 3) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah yang digunakan adalah strategi tahap input, strategi tahap Proses, strategi tahap output, dan adanya faktor pendukung.
References
Ashari, & Zakariyah. (2024). Peran Kepala Madrasah Sebagai Educator Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Indonesian Journal of Islamic and Social Science, 2(1), 1–15.
Anwar, M. K., & Mulyasa, E. (2020). Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arifin, I., & Muhaimin. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 135–148. https://doi.org/10.1234/jmpi.v5i2.135
Astuti, R. D. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Era Digital. Jurnal Kependidikan Nusantara, 3(1), 45–56.
Azizah, N. (2020). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 22–35.
Dewi, S. R., & Suharti, T. (2023). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 4(2), 81–91.
Fitriani, R. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. EduLeader: Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 6(1), 60–72.
Hasanah, L., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(1), 90–101.
Hidayat, A. (2020). Inovasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 10(2), 50–65.
Huda, M., & Sari, D. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Mutu Lulusan Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(4), 375–385.
Iskandar, A. (2023). Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Pendidikan, 7(1), 22–33.
Kurniawati, D. (2021). Analisis Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 110–120.
Lestari, H., & Yuniar, T. (2023). Tantangan Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 5(2), 98–112.
Lubis, M. (2022). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Implikasinya terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 43–55.
Maulana, R. (2022). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Akademik. Jurnal Ilmiah Administrasi Pendidikan, 3(2), 65–78.
Muttaqin, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Nilai dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 78–89.
Nugraha, D. (2021). Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dan Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah. Jurnal Ilmu Kependidikan, 9(3), 120–130.
Purwanto, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Mutu Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 12–25.
Rahmawati, E., & Suryani, T. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah dan Kependidikan Islam, 9(1), 100–114.
Santosa, A., & Wijayanti, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Masa Pandemi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Abad 21, 4(2), 145–160.
Suryana, D. (2024). Analisis Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Manajemen Mutu Pendidikan. Jurnal Mutu Pendidikan Indonesia, 2(1), 11–25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Abdul Wadud, Barnoto Barnoto (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Journal of Education and Contemporery Linguistics (JCL) is licensed under CC BY-NC 4.0