Manajemen Rekrutmen Guru sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.111322/gxx39d43Keywords:
Rekrutmen Tenaga Pendidik, Kualitas PendidikanAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen rekrutmen tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MAI Amanatul Ummah; dan 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis implikasi manajemen rekrutmen tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MAI Amanatul Ummah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dilakukan di MAI Amanatul Ummah. Data yang digunakan dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah tahapan rekrutmen tenaga pendidik terdiri dari persiapan pelaksanaan rekrutmen, seleksi berkas, tes tulis, microteaching dan wawancara, serta tahapan lanjutan di pusat. Secara keseluruhan, proses rekrutmen tenaga pendidik di MAI Amanatul Ummah memiliki tahap yang panjang dan kompleks. Dari hal tersebut, didapatkan tenaga pendidik yang menguasai materi pembelajaran sehingga mampu menghasilkan kualitas peserta didik yang baik pula. Setiap tahun, lulusan MAI Amanatul Ummah banyak diterima di berbagai perguruan tinggi dengan grade yang tinggi dan semakin membaik dari tahun ke tahun. Selain itu, peserta didik MAI Amanatul Ummah juga banyak memenangkan kejuaraan di berbagai kompetisi baik tingkat regional, nasional, maupun internasional. Dengan demikian, proses rekrutmen tenaga pendidik yang baik memberikan implikasi yang positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di MAI Amanatul Ummah.
References
Abdollah. (2020). Menjadi Guru Profesional: Studi tentang Budaya Organisasi, Kepemimpinan, dan Kinerja Guru di Zaman Milenial. Jakarta Timur: UNJ Press.
Arif Syahri Nurkholili. (2024). Wawancara (Mojokerto, 12 Juli 2024).
Asfi. (2024). Wawancara (Mojokerto, 12 Juli 2024).
Ashari, & Zakariyah. (2024). Peran Kepala Madrasah Sebagai Educator Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Indonesian Journal of Islamic and Social Science, 2(1), 1–15.
Dina Hotnida Siregar. (2019, Februari 13). Mendikbud Tekankan Pentingnya Rekrutmen Guru Untuk Menyiapkan Generasi Masa Depan. Diambil 29 Desember 2024, dari Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/02/mendikbud-tekankan-pentingnya-rekrutmen-guru-untuk-menyiapkan-generasi-masa-depan
Fiantika dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Hadiono, A. F., & Inayah, I. F. (2020). Pengaruh Sistem Rekrutmen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Terhadap Mutu Pendidikan Yayasan Pendidikan dan Sosial Pondok Pesantren Al-Fadl Banyuwangi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 2(1), 185–203. https://doi.org/10.30739/jmpid.v2i1.665
Ina Magdalena. (2022). Dasar-Dasar Micro Teaching. Sukabumi: Jejak Publisher.
Kemendikbud. (2018, Agustus 17). Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Empat Hal Ini. Diambil 29 Desember 2024, dari Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/08/tingkatkan-mutu-pendidikan-melalui-empat-hal-ini
Kemendikbud. (2024). Https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/. Diambil 29 Desember 2024, dari https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/
Kholiq, I. N., & Syamsudin, M. (2021). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMK Mansyaul Huda Tegaldlimo Banyuwangi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 3(2), 253–269. https://doi.org/10.30739/jmpid.v3i2.1152
Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12
MAI Amanatul Ummah. (2024). Profil MA Istimewa Amanatul Ummah. Diambil dari https://mai-au.sch.id/tentang/profil
Mia Noprika, Ngadri Yusro, & Sagiman Sagiman. (2024). (PDF) Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. ResearchGate. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99
Muslimin, T. A., & Kartiko, A. (2020). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 75–87. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.30
Observasi. (2024). Observasi di MAI Amanatul Ummah, 9 Juli 2024.
Pandipa, A. K. H. (2019). Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie, 12(1), 1–9.
Permendikbudristek. (2024). Permendikbudriset No. 7 Tahun 2024. Diambil 29 Desember 2024, dari Database Peraturan | JDIH BPK website: http://peraturan.bpk.go.id/Details/280942/permendikbudriset-no-7-tahun-2024
Rugaiyah & Dkk. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan: Peningkatan profesionalisme guru di era disrupsi pendidikan. Sukabumi: CV Jejak.
Sari, R. M. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Produ: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326
Siti Kholil Fatkhul Mu’minin. (2024). Wawancara (Mojokerto, 9 Juli 2024).
Supadi. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta Timur: UNJ Press.
Universitas Ngudi Waluyo. (2024). Pedoman Microteaching Program Studi S1-PG PAUD. Diambil dari https://pgpaud.unw.ac.id/storage/image/academic-curriculum/Panduan%20Microteaching%202023%20PGPAUD-1.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mohamad Ali Zubaidi, Rahmat, Ashari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Journal of Education and Contemporery Linguistics (JCL) is licensed under CC BY-NC 4.0