Mengenal Manajemen Perspektif Dakwah dan Pendidikan: Analisis Silang Pendapat di Kalangan Praktisi

Authors

  • Abd Hadi Faishol Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan Author

Keywords:

Dakwah, Pendidikan, Manajemen.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan konsep dan implementasi manajemen dalam ruang lingkup dakwah dan pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi pustaka, penelitian ini menganalisis literatur ilmiah terkait manajemen di kedua bidang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen dakwah bersifat fleksibel dan adaptif, berfokus pada konteks sosial dan spiritual masyarakat, sementara manajemen pendidikan lebih terstruktur dan mengikuti regulasi yang ketat. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan pendapat di kalangan praktisi, seperti latar belakang pendidikan, pengalaman praktis, dan tujuan yang berbeda. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya dialog dan kolaborasi antara praktisi dakwah dan pendidikan untuk menciptakan sinergi yang lebih baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan manajemen di kedua bidang dan membuka peluang untuk studi lebih lanjut mengenai integrasi praktik manajemen dakwah dan pendidikan.

References

Fadhli, Muhammad. (2020). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1). https://doi.org/10.51178/ce.v1i1.7

Farid Abi A, Muhammad, & Mahmud, Hamidullah. (2023). Konsep Manajemen Dakwah Berwirausaha dalam Perspektif Al-Qur’an. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1). https://doi.org/10.56799/jceki.v3i1.2443

H Kara, O. Anlar MY Ağargün. (2014). M Manullang. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 7).

Handoko, T. Hani. (2012). Pengantar Manajeman Karangan T . Hani Handoko Bab 2. In Faizal Nuzul Razak Hamid (Vol. 1).

Hasibuan, & Malayu, H. S. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia : edisi revisi. In Jakarta: Bumi Aksara.

Mahmud, Adilah. (2020). Hakikat Manajemen Dakwah. Palita: Journal of Social Religion Research, 5(1). https://doi.org/10.24256/pal.v5i1.1329

Mutiara, Tengku Sri, & Kustiawan, Winda. (2023). Implementasi Fungsi Manajemen dalam Kegiatan Dakwah Menggunakan Sosial Media di Masjid Al-Musannif Medan. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1). https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i1.5239

Najibullah, Zahra Asyidda, & Suryandari, Meity. (2023). Implementasi Strategi Manajemen Dakwah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Islam melalui Infrastruktur Transportasi: Studi Kasus Desa Gantar, Indramayu. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7). https://doi.org/10.58344/jmi.v2i7.296

Nurhayati. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam. Jmpis, 3(1).

Raudhatul Jannah, Ghepira, Desma Mellinia Anjani, Gardhena Riyan Puspa, Henida Garniz, Melvie Mardani, & Purna Hindayani. (2023). Manajemen Strategis. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran ( JUMPER ), 2(1). https://doi.org/10.51771/jumper.v2i1.578

Rukin. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin.

Syamsuriah, Syamsuriah. (2020). Tantangan Dakwah di Era Milenial. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(2). https://doi.org/10.33096/jiir.v16i2.17

Tanjung, Hasan Basri. (2020). Manajemen Strategi Pengembangan Pendidikan dan Dakwah untuk Generasi Milenial. Islamic Menegement, 3(1).

Yuniarsih, Tjutju. (2019). Implementasi Konsep Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jurnal MANAJERIAL, 2(1). https://doi.org/10.17509/manajerial.v2i1.16105

Zuchdi, Darmiyati, & Afifah, Wiwiek. (2019). Analisis konten etnografi & grounded theory dan hermeneutika dalam penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 16.

Downloads

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

Mengenal Manajemen Perspektif Dakwah dan Pendidikan: Analisis Silang Pendapat di Kalangan Praktisi. (2024). Journal of Education and Contemporary Linguistics , 1(1), 58-66. https://journal.alifba.id/index.php/jcl/article/view/60