Menyeimbangkan Pembelajaran Berbasis Konvensional dan Digital di Lembaga Pendidikan

Authors

  • Robbikhatus Sholikhah Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang Author

Keywords:

Menyeimbangkan, Pembelajaran, Konvensional, Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi menyeimbangkan pembelajaran berbasis Konvensional dan Digital di lembaga pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah studi pustaka dengan analisis konten atau isis. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya Strategi menyeimbangkan pembelajaran berbasis konvensional dan digital di lembaga pendidikan meliputi integrasi kurikulum, pembiasaan dan pelatihan, pengembangan materi berbasis digital serta evaluasi secara berkala. Hal ini dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan inklusif dalam pendidikan

References

Hakim, Lukman. 2022. “Manfaat Tekhnologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.” Kemendikbud. 2022.

Kurniawan, Asep. 2019. “FILSAFAT ILMU MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM REKONTRUKSI KRITIS ISLAMISASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS KEKINIAN.” JURNAL YAQZHAN: Analisis Filsafat, Agama Dan Kemanusiaan 5 (1). https://doi.org/10.24235/jy.v5i1.4511.

Rahmadhon, Rahmadhon, Amirul Mukminin, and Muazza Muazza. 2021. “Kompetensi Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Tekhnologi, Informasi Dan Komunikasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MIS Darussalam Kec. Jelutung Kota Jambi.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2 (1).

Fadhilah, A. N., & Munjin. (2022). Kekerasan dalam Pendidikan di Sekolah: Bentuk, Sebab, Dampak, dan Solusi. Jurnal Kependidikan, 10(2). https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8209

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fikria Adira, H. (2023). Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Islam Kontemporer. Urnal Pendidikan Dan Studi Islam , 9(1).

Fitria, N. (2023). Kajian Prinsip Dasar Manajemen Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2454

Refleksi. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 8(2). https://doi.org/10.15642/jpai.2020.8.2.153-172

Rofikoh Sari, I. A., Romdloni, R., & Hasan, S. (2022). Pendidikan Agama Islam Berwasasan Multikultural Dalam Menanamkan Toleransi Beragama Siswa. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1). https://doi.org/10.30599/jpia.v9i1.1466

Shaleh, M., & Fadhilah, M. N. (2022). Penerapan Moderasi Beragama pada Lembaga PAUD di Sulawesi Tenggara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2903

Zubedi, Z., Lamatenggo, N., & Arifin, A. (2022). Kepemimpinan Kyai Dalam Transformasi Pondok Pesantren. Student Journal of Educational Management. https://doi.org/10.37411/sjem.v2i1.1187

Downloads

Published

2025-06-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

Menyeimbangkan Pembelajaran Berbasis Konvensional dan Digital di Lembaga Pendidikan. (2025). Journal of Education and Contemporary Linguistics , 1(1), 35-44. https://journal.alifba.id/index.php/jcl/article/view/24