Tantangan dan Peluang Digitalisasi Pembelajaran di Konteks Sekolah Pedesaan
Keywords:
Tantangan, Peluang, Digitalisasi, Pembelajaran, Lembaga, PedesaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan peluang digitalisasi dalam pembmelajaran di MI Miftahul Ulum Bringin Anom Pamekasan yang memeliki Latar belakang lembaga pedesaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatis dengan jenis diskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya Proses pembelajaran digital di MI Miftahul Ulum Bringin Anom menghadapi sejumlah Tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi, biaya yang tinggi, keterampilan teknologi yang terbatas, ketersediaan konten pembelajaran yang sesuai, dan isu-isu sosial-ekonomi yang mempengaruhi aksesibilitas dan penerimaan teknologi. Mesikipun demikian, terdapat beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan seperti Peluang-peluang ini melibatkan meningkatkan aksesibilitas pembelajaran melalui digitalisasi, mengembangkan konten pembelajaran lokal yang sesuai dengan lingkungan siswa, menyediakan pembelajaran interaktif dan jarak jauh, memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan keterampilan digital, serta menggunakan data untuk memantau dan mengevaluasi pembelajaran secara lebih efisien
References
Emzir. (2012). Metodologi penelitian kualitatif analisis data. Jakarta: Raja Grafindo.
Feny Rita Fiantika, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Haris, M. A. (2023). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Pesantren di Era Society 5.0 (Peluang dan Tantangannya di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01).
Juwita, D., & Handayani, A. N. (2022). Peluang dan Tantangan Digitalisasi UMKM Terhadap Pelaku Ekonomi di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 2(5). https://doi.org/10.17977/um068v2i52022p249-255
Kaelan. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama, Dan Humaniora. In Yogyakarta Paradigma.
Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020). OPTIMALISASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI ALTERNATIF DIGITALISASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ). BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(2). https://doi.org/10.31949/be.v5i2.2610
Nisa, K., Amanda, N., & Pribadi, R. A. (2023). Kolaborasi Pendidik Dan Peserta Didik dalam Mewujudkan Digitalisasi dan Penguasaan Teknologi Pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 7(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5383
Prabowo, T. T. (2023). Analisis Digitalisasi Pendidikan. Kedaulatan Rakyat, 165(528).
Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02). https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.458
Ristanti, I., Subhan, K. F., Nissa, K., & Eviana, N. (2023). Digitalisasi Perencanaan Pendidikan Islam Di Madrasah. Mapendis: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).
Wulandari, R., Santoso, & Ardianti, S. D. (2021). Transformasi Digital Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Education and Contemporary Linguistics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Journal of Education and Contemporery Linguistics (JCL) is licensed under CC BY-NC 4.0