Menggali Potensi Bahasa Arab dalam Mengatasi Tantangan Ekstremisme di Kalangan Remaja

Authors

  • Gufron Zainal Abidin Sdawi Manasiq Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan Author
  • M. Mansyur Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan Author

Keywords:

Potensi, Bahasa Arab, Ekstrimisme, Remaja

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk menggali potensi bahasa arab dalam mencegah radikalisme dan ekstrimisme bagi kalangan remaja khususnya peserta didik. Penedekatan yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan analisis data menggunakan analisis konten. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya pembelajaran bahasa arab berpotensi besar dalam mencegah paham radikalisme dan ekstrimisme melalui pemahaman yang tepat terhadap teks-teks arab terlebih terhadap redaksi keagamaan yang sering dijadikan alat penyebar kekerasan dan paham intimidasi

References

Abror, M., & Fattach, A. (2021). Urgensi Keberadaan Bahasa Arab di SMA Untuk Deradikalisasi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2). https://doi.org/10.22437/jssh.v5i2.16482

Amadi, A. S. M., & Sholikha, D. W. (2023). Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital : Sistematic Literature Review Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital : Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(3).

Fidani, R., Ghifary, M. F., & Indriana, D. (2023). Peran Metode Qira’ah dalam Meningkatkan Literasi Bahasa Arab di Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Al Maghazi : Arabic Language in Higher Education, 1(1). https://doi.org/10.51278/al.v1i1.687

Mauharir, M., Fauzi, F., & Mahfud, M. (2022). Penanaman Pendidikan Multikultural dalam Mencegah Ekstrimisme pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2775

Noviani, M., & Kholiq Hasan, M. A. (2023). Problematika dan Solusi Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di UIN Raden Mas Said Surakarta. Rayah Al-Islam, 7(1). https://doi.org/10.37274/rais.v7i1.662

Rahmat, A. E., Agustang, A., & Syukur, M. (2023). Pesantren dan Isu Radikalisme (Studi Kasus: Pesantren Babussalam Al-Muchtariah Selayar). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4200

Lailaturrahmawati, L., Januar, J., & Yusbar, Y. (2023). Implementasi Pembiasaan Shalat Berjama’ah Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.110

Lisabella, M. (2013). Model Analisis Interaktif Miles and Huberman. Universitas Bina Darma.

Musyafira, I. D., & Hendriani, W. (2021). Sikap Guru Dalam Mendukung Keberhasilan Pendidikan Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3105

Downloads

Published

2025-06-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

Menggali Potensi Bahasa Arab dalam Mengatasi Tantangan Ekstremisme di Kalangan Remaja. (2025). Journal of Education and Contemporary Linguistics , 1(1), 12-24. https://journal.alifba.id/index.php/jcl/article/view/15