Menggali Potensi Bahasa Arab dalam Mengatasi Tantangan Ekstremisme di Kalangan Remaja
Keywords:
Potensi, Bahasa Arab, Ekstrimisme, RemajaAbstract
Penilitian ini bertujuan untuk menggali potensi bahasa arab dalam mencegah radikalisme dan ekstrimisme bagi kalangan remaja khususnya peserta didik. Penedekatan yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan analisis data menggunakan analisis konten. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya pembelajaran bahasa arab berpotensi besar dalam mencegah paham radikalisme dan ekstrimisme melalui pemahaman yang tepat terhadap teks-teks arab terlebih terhadap redaksi keagamaan yang sering dijadikan alat penyebar kekerasan dan paham intimidasi
References
Abror, M., & Fattach, A. (2021). Urgensi Keberadaan Bahasa Arab di SMA Untuk Deradikalisasi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2). https://doi.org/10.22437/jssh.v5i2.16482
Amadi, A. S. M., & Sholikha, D. W. (2023). Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital : Sistematic Literature Review Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital : Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(3).
Fidani, R., Ghifary, M. F., & Indriana, D. (2023). Peran Metode Qira’ah dalam Meningkatkan Literasi Bahasa Arab di Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Al Maghazi : Arabic Language in Higher Education, 1(1). https://doi.org/10.51278/al.v1i1.687
Mauharir, M., Fauzi, F., & Mahfud, M. (2022). Penanaman Pendidikan Multikultural dalam Mencegah Ekstrimisme pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2775
Noviani, M., & Kholiq Hasan, M. A. (2023). Problematika dan Solusi Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di UIN Raden Mas Said Surakarta. Rayah Al-Islam, 7(1). https://doi.org/10.37274/rais.v7i1.662
Rahmat, A. E., Agustang, A., & Syukur, M. (2023). Pesantren dan Isu Radikalisme (Studi Kasus: Pesantren Babussalam Al-Muchtariah Selayar). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4200
Lailaturrahmawati, L., Januar, J., & Yusbar, Y. (2023). Implementasi Pembiasaan Shalat Berjama’ah Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.110
Lisabella, M. (2013). Model Analisis Interaktif Miles and Huberman. Universitas Bina Darma.
Musyafira, I. D., & Hendriani, W. (2021). Sikap Guru Dalam Mendukung Keberhasilan Pendidikan Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3105
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Education and Contemporary Linguistics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Journal of Education and Contemporery Linguistics (JCL) is licensed under CC BY-NC 4.0