Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Religius
DOI:
https://doi.org/10.111322/6wktp831Keywords:
Manajemen Pendidikan, Pendidikan Karakter, Nilai Religius, Sekolah Dasar Islam, Evaluasi Pendidikan, Budaya Sekolah, Keteladanan Guru, Manajemen Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pendidikan karakter berbasis nilai religius di MI Darut Tarbiyah Leminggir Mojosari, yang mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, serta teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter dilakukan melalui perumusan visi-misi sekolah yang berorientasi pada pembentukan akhlak mulia dan nilai-nilai keislaman, serta sosialisasi intensif kepada orang tua dan peserta didik. Pelaksanaan program dilakukan melalui budaya sekolah yang mendukung, keteladanan guru, dan keterlibatan masyarakat dalam menanamkan nilai gotong royong dan saling menghormati. Evaluasi dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan seluruh elemen sekolah melalui presensi, catatan harian, dan pengamatan langsung. Temuan ini menunjukkan bahwa optimalisasi pendidikan karakter berbasis nilai religius di sekolah dasar Islam memerlukan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang konsisten, serta evaluasi yang menyeluruh. Implikasi dari penelitian ini memperkaya kajian dalam bidang manajemen pendidikan Islam, khususnya dalam pengembangan budaya sekolah yang religius sebagai fondasi pembentukan karakter peserta didik. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan praktis bagi lembaga pendidikan Islam lainnya dalam merancang sistem pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai agama
References
Agustinus Hermino. (2014). Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Al-Huda, A. A. F., & Anwar, M. B. K. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Religius sebagai Upaya Mengatasi Bullying di MTs Al Amin Mojokerto. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 208–220.
Amalana, A., Badrus, & Rahman, M. L. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Jaringan Online di Masa Pandemi Covid‑19: Studi Kasus di MTs Negeri 16 Jombang. IPACIE Proceedings, 1, 451–462.
Auliya, M. F. R. (2024). Kebijakan Pendidikan Karakter Religius dan Disiplin pada Peserta Didik Tahun 2023 di Madrasah Tsanawiyah Negeri. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 9(2), 189–200.
Deviane, C., Wulandari, W., & Rahmawati, S. R. (2022). Penguatan Karakter Religius Siswa Melalui Kultur Madrasah: Studi Kasus di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo. Arsyadana: Jurnal Pendidikan Islam Aktual, 2(2), 1418–1428.
Munawir, M., Zahro, I., & Sa’diyah, N. (2024). Pembentukan Karakter Religius Siswa dengan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 21519–21527.
Nopitasari, E. T., & Setyowati, R. R. N. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Religius Siswa di MAN 1 Magetan. Journal of Civics and Moral Studies, 6(2), 1–16.
Rahmawati, M. (2020). Pembentukan Karakter Religius dan Toleransi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Pembiasaan di Madrasah. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 43–51.
Rahmawati, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Religius melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak. Journal of Islamic Education, 5(1), 15–30.
Rizqy, S. A. M. P. (2023). Pembentukan Karakter Religius dan Toleransi Siswa MI melalui Pembiasaan. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 43–51.
Sajaruddin, S., Zurqoni, Z., & Bahrani, B. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri pada Siswa SD di Bontang: Studi Multikasus. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(2), 249–265.
Sajaruddin, S. (2021). Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Religius. Jurnal Pendidikan Aqidah Akhlak, 2(4), 554–570.
Sari, R. R. Y., & Sari, D. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Budaya Religius di SD. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 77–89.
Sutomo, B. (2021). Kesenjangan Ekspektasi dan Realitas dalam Pembentukan Karakter Religius di Madrasah. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 16(3), 225–240.
Wahyudi, W. E. W., Aisyah, N., Romlah, et al. (2024). Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Bandar Lampung. Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 2(2), 41–47.
Wibowo, A. (2021). Strategi dan Pendekatan Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Madrasah. Islamic Education Review, 10(2), 145–160.
Zen, R. R., Ulfatin, N., & Arifin, I. (2024). Strategi Kepala Madrasah Aliyah dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Berbasis Religius: Studi Kasus di MAN Kota Batu. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(11), 18.
Al-Azhari, M. L. A., Kumalasari, D., Al Ghifari, L. A., & Sholikhah, M. (2025). Membangun Karakter Religius Siswa melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas 1 di MI Miftahus Sa’adah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(1), 28–34. (Meskipun terbit tahun 2025, merupakan riset ringkasan dari 2024.)
Af’idah, F. A., & Amrullah, M. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Berbasis Kelas. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1–19.
Munjiatun, M. (2020). Manajemen Kurikulum dalam Rangka Penanaman Nilai-nilai Karakter Religius. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 125–136.
Rozaq, A., Ubabuddin, U., & S. S. (2022). Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Religius pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 114–130.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sayyidah Nur Faizah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Journal of Education and Contemporery Linguistics (JCL) is licensed under CC BY-NC 4.0