Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Berbasis Luaran Produk Digital
DOI:
https://doi.org/10.111322/b889xs15Keywords:
Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, Produk Digital, Kelas OlimpiadeAbstract
Kelas olimpiade merupakan salah satu upaya pendidik dalam menyiapkan globalisasi. kelas olimpiade ini mengajak seluruh sdm untuk aktif dalam menggunakan teknologi dan juga aktif membangun teknologi. Karena kelas ini bersinggungan langsung dengan teknologi, maka pemberdayaan sdm yang paling berpengaruh yaitu adanya keleluasaan sdm dalam mengakses teknologi. Rumusan dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana siswa-siswi program olimpiade mampu menciptakan produk berbasis digital? 2) Bagaimana langkah pendidik memberdayakan siswa dalam berkreasi menciptakan produk digital?, sedangkan metode penelitian yang penulis gunakan yaitu penelitian kualitatif studi kasus. Jenis dan sumber data yang digunakan peneliti yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data yang digunakan peneliti ada tiga: Observasi, Wawancar, Dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu Pertama, SDM kelas olimpiade mampu menciptakan teknologi baru yaitu produk digital yang memiliki daya guna dan juga mampu menjuarai dibeberapa ajang kompetisi. Kedua, Akses teknologi dalam kelas olimpiade ini merupakan hal yang paling penting dan juga berpengaruh untuk menciptakan teknologi baru, sekalipun dalam lingkungan pesantren. Teknologi yang diciptakan sdm kelas olimpiade tentu tidak lepas dari adanya IoT, karena hampir semua produk digital yang diciptakan oleh sdm kelas olimpiade berkorelasi langsung dengan basis IoT.
References
Akhmad Sirojuddin, M.Pd. (2023). Pembimbing Kelas Olimpiade di SMAU BP AU Mojokerto pada tanggal 17 Juni 2023.
Arif Furchan. (1992). Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.
Jejen Musfah. (2015). Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Kevin. (2023). Wawancara dengan Kevin., SDM Kelas Olimpiade di SMAU BP AU Mojokerto pada tanggal 17 Juni 2023.
Furchan, A. (1992). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya (Cetakan terbaru).
Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Pearson Education Limited.
M. Kadarisman. (2017). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Majdan. (2023). Wawancara dengan Majdan., SDM Kelas Olimpiade di SMAU BP AU Mojokerto pada tanggal 17 Juni 2023.
Maskur, M., & Yuafi, M. (2022). PERSEPEKTIF SOSIOLOGI-KOMUNIKASI PENERAPAN QONUN-QONUN LARANGAN MEMBAWA HANDPHONE PADA SANTRI PESANTREN MAMBA’UL HUDA. JDARISCOMB: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(I). https://doi.org/10.30739/jdariscomb.v2iI.1441
Mayal. (2023). Wawancara dengan Mayal., SDM Kelas Olimpiade di SMAU BP AU Mojokerto pada tanggal 17 Juni 2023.
Muhammad Ilyas, Lc., M.Hum. (2023). Koordinator lembaga.
Nopi Hidayat, dkk. (2020). Model Pengelolaan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Era Industri 4.0. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis. Bogor: IPB.
NUR, H. (2020). PENGARUH MODELPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK (Diploma, INSTITUT PESANTREN KH.ABDUL CHALIM). INSTITUT PESANTREN KH.ABDUL CHALIM. Diambil dari http://repository.uac.ac.id/id/eprint/100/
Peneliti. (2023). Observasi.
Peter McLare. (2019). Che Uevera Paulo Frire dan Politik Harapan. Temanggung: Desa Pustaka Indonesia.
Pratama, R. C., Yusuf, M., & Setyowati, R. (2021). Motivasi Berprestasi Ditinjau Dari Iklim Sekolah dan Persepsi Tentang Harapan Orang Tua Pada Siswa Kelas Olimpiade di SMA Negeri 3 Semarang. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 6(2), 115–125. https://doi.org/10.20961/jip.v6i2.55889
Sedarmayanti. (2018). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. PT. Refika Aditama.
Siti Zubaidah. (2010). (PDF) Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. ResearchGate. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/318040409_Berpikir_Kritis_Kemampuan_Berpikir_Tingkat_Tinggi_yang_Dapat_Dikembangkan_melalui_Pembelajaran_Sains
Suwandi, S. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ABAD KE-21 DAN TANTANGANNYA UNTUK BERPERAN DALAM MASYARAKAT 5.0. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. Diambil dari https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3782
Trianingsih & Diah Erna. (2008). Kiat Menulis Karya Ilmiah. klaten: PT Intan Pariwara.
Usman, F. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31538/altsiq.v1i1.154
Yeti Haryati, Mumuh Muhsin. (2014). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nining Syarifah, Ammar Zainuddin (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Journal of Education and Contemporery Linguistics (JCL) is licensed under CC BY-NC 4.0