Manajemen Sarana Dan Prasarana Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Pesantren Al-Amin Sooko
DOI:
https://doi.org/10.111322/f064vy92Keywords:
Manajemen, sarana dan prasarana, mutu pendidikanAbstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan yang dilakukan dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan sarana dan prasarana secara matang tentang apa saja yang dibutuhkan. Analisis kebutuhan dilakukan dengan rapat bersama dan selanjutnya disampaikan kepada pihak yayasan. 2) pengadaan merupakan otonomi madrasah dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari bantuan pihak yayasan dan dana BOS. Pengadaan sarana dan prasarana berdasarkan keputusan dari pihak yayasan. Proses pengadaan sarana dan prasarana kebanyakan dilakukan dengan cara pembelian dan membuat sendiri. 3) Pemeliharaan sarana dan prasaran di MTs Pesantren Al-Amin dilakukan dengan cara selalu membenahi barang-barang yang sudah rusak, Pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan secara berkala dan sehari-hari, melakukan pengawasan secara intens dan langkah preventif atau pencegahan, saran dan prasarana yang kondisinya rusak ringan dilakukan perbaikan dan yang sudah rusak berat dilakukan pergantian dengan membeli, dan Pemeliharaan sarana yang dilakukan dengan dua cara yakni secara berkala seperti pengecekan ruang lab, pengectan tembok yang warnanya sudah pudar, dan sebagainya. Dan untuk yang sehari-hari seperti menjaga kebersihan ruang kelas, kantor, masjid, ruang guru dengan di sapu ataupun di pel setiap harinya.
References
Aprizal Yusri. (2019). Proyeksi Perbankan di era disrupsi. Jakarta: Pustaka Haji.
Barnawi & M. Arifin. (2014). Manajemen Sarana Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Barnawi & M.Arifin. (2012). Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Ibrahim Bafadal. (2008). Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori Dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Kompri. (2014). Manajemen Pendidikan I. Bandung: Alfabeta.
Nur Muhaimin. (2024). Wawancara dengan Waka Sarpras MTs Pesantren Al-Amin Sooko, Pada hari Senin, Tanggal 20 Mei 2024, Pada Pukul 10.45 WIB.
Suyudi. (2014). Rancang Bangun Pendidikan Islam. Yogyakarta: Belukar.
Arifin, Z., & Sugiarto, S. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 297–307. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i2.2284
Aziz, F. A., & Lestari, P. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Menyediakan Sarana Prasarana di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 232–240.
Darwis, M. (2019). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 134–140.
Fadli, R., & Susanti, R. (2022). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 120–127. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2032
Firmansyah, H. (2023). Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 55–64.
Hasanah, N., & Rofiah, S. N. (2020). Peran Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2650–2658.
Hidayat, A., & Asy’ari, M. (2021). Evaluasi Manajemen Sarana Prasarana Berbasis Mutu. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 112–120.
Kholiq, A., & Syamsudin, M. (2021). Pengaruh Sarana Prasarana Terhadap Mutu Lulusan di Madrasah. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 145–156.
Kusuma, D. F. (2022). Strategi Optimalisasi Pengelolaan Sarana Prasarana di Sekolah Berbasis Pesantren. Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 45–53.
Lestari, R. D. (2020). Manajemen Fasilitas Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 18–25.
Maulana, S. (2023). Manajemen Sarana dan Prasarana Berbasis Efektivitas dan Efisiensi. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 7(2), 87–95.
Mawaddah, A., & Amin, M. (2022). Tantangan Pengelolaan Sarana Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawi, 18(1), 102–110.
Mubarok, M. (2020). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 21(2), 111–118.
Muslimin, M., & Kartiko, P. (2020). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(3), 245–254.
Nasution, A. R. (2021). Manajemen Sarpras untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi Kasus di MI Swasta. Jurnal Kependidikan Dasar Islam, 3(2), 90–99.
Rahmawati, E., & Putri, S. (2019). Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 67–75.
Rahayu, L., & Wijayanti, A. (2022). Pengelolaan Fasilitas Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Sekolah, 5(2), 177–185.
Saputri, R., & Herlina, E. (2023). Manajemen Sarana Prasarana dan Dampaknya terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan, 28(2), 99–107.
Sari, A. P. (2019). Kebijakan Pendidikan dalam Pengembangan Sarana Prasarana Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 45–52.
Syahruddin, M., & Yuliani, Y. (2024). Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 8(1), 66–74.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizal Umami (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Journal of Education and Contemporery Linguistics (JCL) is licensed under CC BY-NC 4.0