Komunikasi Bahasa dalam Ruang Pembelajaran

Authors

  • Novita Fitri Amin Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan Author
  • Muflihatul Haqiqiyah Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan Author

DOI:

https://doi.org/10.111322/vbxv8269

Keywords:

komunikasi bahasa, pembelajaran interaktif, pendekatan komunikatif, konstruktivisme sosial, efektivitas belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran komunikasi bahasa dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, khususnya dalam menciptakan interaksi edukatif yang partisipatif, terbuka, dan bermakna antara guru dan peserta didik. Melalui pendekatan kualitatif kepustakaan (library research), penelitian ini menelaah berbagai teori dan hasil penelitian terdahulu mengenai fungsi komunikasi dalam konteks pendidikan, terutama yang berhubungan dengan proses pembentukan makna sosial dan kognitif peserta didik. Analisis dilakukan dengan menelaah secara kritis sumber-sumber pustaka yang relevan untuk memahami bagaimana komunikasi berperan dalam membangun suasana belajar yang konstruktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam mengelola komunikasi yang interaktif, kontekstual, dan sesuai dengan karakter peserta didik. Bahasa dalam ruang kelas tidak hanya berfungsi sebagai alat penyampai pesan, tetapi juga sebagai media pembentukan kesadaran sosial dan berpikir kritis peserta didik. Pendekatan komunikatif terbukti efektif dalam mendorong siswa menggunakan bahasa secara fungsional melalui kegiatan interaktif seperti diskusi, simulasi, dan permainan peran. Dengan demikian komunikasi bahasa memiliki peran strategis dalam proses pembelajaran karena menjadi jembatan antara transfer pengetahuan dan pembentukan nilai-nilai sosial serta kognitif peserta didik. Oleh karena itu, guru perlu mengembangkan kompetensi komunikatif yang adaptif dan reflektif agar pembelajaran menjadi lebih bermakna dan kontekstual

References

Ahmad, R. (2020). Prinsip-prinsip Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Al-Attas, S. M. N. (1980). The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

Anderson, A., & Lynch, T. (2003). Listening. Oxford: Oxford University Press.

Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching (5th ed.). White Plains, NY: Pearson Education.

Burns, A., & Joyce, H. (1997). Focus on Speaking. Sydney: National Centre for English Language Teaching and Research.

Bygate, M. (1987). Speaking. Oxford: Oxford University Press.

Canale, M., & Swain, M. (1980). Theoretical bases of communicative approaches to second language teaching and testing. Applied Linguistics, 1(1), 1–47. https://doi.org/10.1093/applin/I.1.1

Cazden, C. B. (2001). Classroom Discourse: The Language of Teaching and Learning (2nd ed.). Portsmouth, NH: Heinemann.

Ellis, R. (2008). The Study of Second Language Acquisition (2nd ed.). Oxford: Oxford University Press.

Freire, P. (2005). Pedagogy of the Oppressed (30th Anniversary Edition). New York: Continuum.

Hymes, D. (1972). On communicative competence. In J. B. Pride & J. Holmes (Eds.), Sociolinguistics: Selected Readings (pp. 269–293). Harmondsworth: Penguin.

Krashen, S. D. (1982). Principles and Practice in Second Language Acquisition. Oxford: Pergamon Press.

Littlewood, W. (2013). Communicative Language Teaching: An Introduction. Cambridge: Cambridge University Press.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Noddings, N. (2013). Caring: A Relational Approach to Ethics and Moral Education (2nd ed.). Berkeley: University of California Press.

Nunan, D. (1999). Second Language Teaching and Learning. Boston: Heinle & Heinle.

Richards, J. C. (2006). Communicative Language Teaching Today. Cambridge: Cambridge University Press.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and Methods in Language Teaching (3rd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.

Savignon, S. J. (2002). Interpreting Communicative Language Teaching: Contexts and Concerns in Teacher Education. New Haven: Yale University Press.

Susanti, S. S., Nursafitri, L., Hamzah, I., Zunarti, R., Darmanto, F., Asy’arie, B. F., & Sa’ad, M. S. (2024). Innovative digital media in Islamic religious education learning. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(1), 40–59. https://doi.org/10.14421/jpai.v21i1.7553

Syakhrani, D., Nurhasanah, R., & Maulana, F. (2023). Pendidikan akhlak di era media sosial: Tantangan dan strategi. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 55–68.

Downloads

Published

2025-07-16

Issue

Section

Articles

How to Cite

Komunikasi Bahasa dalam Ruang Pembelajaran. (2025). Journal of Education and Contemporary Linguistics , 2(02), 166-172. https://doi.org/10.111322/vbxv8269