AGAR BISA MENULIS, MENGAPA HARUS BERMAIN?
DOI:
https://doi.org/10.111322/xqcxsf56Keywords:
gamifikasi, kemampuan menulis, anak tingkat pemula, motivasi, pembelajaran menulis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran gamifikasi dalam meningkatkan kemampuan menulis anak tingkat pemula. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), yang mengumpulkan data dari berbagai artikel ilmiah, jurnal, dan buku yang relevan. Data dianalisis dengan teknik analisis isi untuk menelusuri penerapan elemen-elemen gamifikasi dalam pembelajaran menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gamifikasi, yang mencakup feedback langsung dan penghargaan atas pencapaian tertentu, berhasil meningkatkan motivasi dan kualitas tulisan anak. Elemen gamifikasi lainnya seperti kompetisi sehat dan kolaborasi juga berkontribusi pada peningkatan keterampilan menulis, dengan memberikan kesempatan bagi siswa untuk memperbaiki kesalahan dan meningkatkan hasil tulisan mereka secara bertahap. Temuan ini mengindikasikan bahwa gamifikasi dapat menjadi metode yang efektif dalam mengembangkan keterampilan menulis anak tingkat pemula melalui pendekatan yang lebih menarik dan interaktif.
References
Sari, D. N., & Alfiyan, A. R. (2023). Gamifikasi: Peranan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan, 6(2), 257–265.
Rahmadani, H., Hadi, S., & Prabandari, I. (2024). Penerapan Gamifikasi dalam Pembelajaran Konjungsi Teks Deskripsi Kelas 9I SMPN 13 Surabaya. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(4), 112–125.
Hakeu, F., Pakaya, I. I., & Tangkudung, M. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran di MIS Terpadu Al-Azhfar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 154–166.
Sari, D. N., & Alfiyan, A. R. (2023). Peran Adaptasi Game (Gamifikasi) dalam Pembelajaran untuk Menguatkan Literasi Digital: Systematic Literature Review. UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 43–52.
Satrio, A., & Rini, T. P. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi Pengenalan Lingkungan Lahan Basah untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 2(1), 56–62.
Mattawang, M., & Syarif, E. (2023). Gamification: Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Berbasis Teknologi, 3(1), 68–75.
Hidayat, I., et al. (2023). Penerapan Video Pembelajaran Daring dan Gamifikasi untuk Penguatan Kompetensi Guru di SDN 3 Kabila Bone. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Berbasis Teknologi, 3(2), 27–35.
Abdillah, R., et al. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! dan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 2(1), 92–102.
Jusuf, H. (2017). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Berbasis Teknologi, 1(1), 70–75.
Deterding, S., et al. (2011). From Game Design Elements to Gamefulness: Defining "Gamification". In Proceedings of the 2011 Annual Conference on Human Factors in Computing Systems (pp. 2425–2434).
Wijayanti, I. D. P., & Nugraheni, D. F. (2023). Pengaruh Gamifikasi terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(1), 15–30.
Fauziah, N., & Zubaidah, A. (2023). Gamifikasi dalam Pembelajaran Menulis dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 98–106.
Suprapto, A., & Sugiyanto, S. (2023). Integrasi Gamifikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menulis pada Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 124–135.
Rachmawati, D., & Siregar, L. A. (2022). Gamifikasi sebagai Alat untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(1), 48–55.
Fitria, H., & Cahyo, R. (2023). Pengaruh Gamifikasi dalam Pembelajaran Menulis terhadap Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 106–114.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nila Dwi Susanti, M. Mansyur (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Journal of Education and Contemporery Linguistics (JCL) is licensed under CC BY-NC 4.0