PENERAPAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) PADA SISWA

Authors

  • Masruroh Universitas Islam Negeri Madura Author
  • Wildatul Jennah Universitas Islam Negeri Madura Author
  • Maghfiratus Sholehah Universitas Islam Negeri Madura Author
  • Sri Nurhayati Universitas Islam Negeri Madura Author
  • Moh Suhdi SMP Negeri 6 Pamekasan Author
  • Sulaimah Sulaimah SMP Negeri 6 Pamekasan Author

DOI:

https://doi.org/10.111322/1tbtf398

Keywords:

Penerapan, Pembelajaran, Baca Tulis, Al-Qur’an

Abstract

Penerapan, Baca Tulis Al-Qur’an, Siswa Kelas IX Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) pada siswa kelas IX di SMPN 6 Pamekasan, meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan menetapkan tujuan, menyusun RPP, dan merancang mekanisme pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan, keterampilan menulis huruf Arab dilatihkan secara bertahap, mulai dari pengenalan huruf hijaiyah, pemberian contoh penulisan yang benar, hingga latihan berulang di bawah bimbingan guru. Guru juga membimbing siswa membaca Al-Qur’an yang telah ditulis dengan memperhatikan kaidah tajwid. Faktor pendukung pembelajaran ini meliputi dukungan guru, sekolah, dan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan fasilitas, waktu pembelajaran yang singkat, serta perbedaan kemampuan siswa.

 

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: CV. Syakir Media Press.

Afandi, S. (2025). Kepala Sekolah SMPN 6 Pamekasan. Wawancara Langsung.

Amahorseya, M. Z. F. A., & Mardliyah, S. (2023). Implikasi Teori Konstrutivisme Vygotsky Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Dengan Sudut Pengaman Di TK Anak Mandiri Surabaya. Journal Buah hati, 10(1), 16–28. https://ejournal.bbg.ac.id/Buah

Ansani, & Samsir, H. M. (2022). Bandura’s Modeling Theory. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 2(7), 3067–3080. https://journal.formosapublisher.org/index.php/mudima

Apriliani, D. S. (2025). Siswi Kelas IX SMPN 6 Pamekasan. Wawancara Langsung.

Choiriyah, Noviani, D., & Nabila. (2023). Pelatihan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). Jurnal pengabdian kepada masyarakat, 3(1), 299–306. https://doi.org/10.36908/akm.v3i2.636

Diana, V. E., & Amalia, K. (2024). Analisis Kontribusi Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Era Merdeka Belajar (Studi Kasus Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Upt Sd Negeri Kingking 2 Tuban). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 12(1), 161–175. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan

Dirwan, Bunyamin, & Umrah, St. (2018). Perintah Membaca dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan (Surah Al-Alaq). ALFIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 34–47. http://jurnal.tarbiyah.stainsorong.ac.id/index.php/alfikr

Faradilah, W., Suhrah, & Akbar, M. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Berdasarkan Ilmu Tajwid Di Taman Pengajian Al-Qur’an Mir’atul Mujahid Kecamatan Latambaga Kabupaten Koaka. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 7(2), 1–16. https://journal.usimar.ac.id/index.php/jtpm

Fazalani, R., Tabroni, I., Syafruddin, & Hamirul. (2022). Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Minat Anak Dalam Membaca Al-Qur’an Selama Pandemi Covid-19. Indonesia Berdaya, 3(3), 595–604. https://doi.org/10.47679/ib.2022271

Hanafi, H., Adu, L., & Muzakkir, H. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Husnullail, M., Risnita, Jailani, M. S., & Asbui. (2024). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Riset Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 70–78. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gmTEKNIK

Manizar, E. (2015). Peran Guru sebagai Motivator dalam Belajar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 204–222. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047

Marzuki, K. (1994). Ulum Al-Qur’an. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Millah, D. I. (2020). Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Ummi Di MTSN 1 Jombang. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 113–138. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/rabbani/index

Muchtar, B., & Hendriyani, Y. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Produktif Akuntansi pada SMK di Kota Payakumbuh. Jurnal Publikasi, 1(1), 1–13. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+Perhatian+Orang+Tua+dan+Konsep+Diri+terhadap+Prestasi+Belajar+Siswa+Mata+Pelajaran+Produktif+Akuntansi+pada+SMK+di+Kota+Payakumbuh&btnG=#d=gs_qabs&t=1758367979325&u=%23p%3DC94UfkQNqkcJ

Mulyasa, H. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakata Timur: PT Bumi Aksara.

Musfiqon. (2012). Panduan lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Public Publisher.

Nurjanah, T. S. S. & Syahrul. (2024). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. AL-KHIDMAH, 4(1), 29–41. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Khidmah/about/submission

Observasi Langsung. (2025).

Purba, M. Y. (2024). Strategi Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Siswa. urnal Kualitas Pendidikan, 2(1), 134–141. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jkp/article/view/1442

Putri, N. A., & Rohman, F. (2024). Evaluasi Dampak Program Literasi Al-Qur’an Terhadap Penguatan Karakter Religius Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 766–778. https://ipv6.jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/4549

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sianturi, R. (2024). Perencanaan dan Penganggaran Pembiayaan Pendidikan: Konsep dan Teknik. Jawa Barat: Edu Publisher.

Suhdi, M. (2025). Guru BTA SMPN 6 Pamekasan. Wawancara Langsung.

Sumantri, I. (2022). Metode Follow The Line dalam Pembelajaran Menulis Huruf Arab Pada Anak Usia Dini. KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 91–102. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i1.5565

Sunadi, L. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3), 1–19. https://doi.org/10.26740/jupe.v1n3.p%25p

Syabrus, H. (2015). Kesiapan dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Pekanbaru. Pekbis Jurnal, 7(1), 24–30. https://share.google/bbT33vW9g9xQefL2T

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://afeksi.id/jurnal/index.php/afeksi/

Yasmin, A. (2025). Siswi Kelas IX SMPN 6 Pamekasan. Wawancara Langsung.

Downloads

Published

2025-10-16

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) PADA SISWA. (2025). Journal of Education and Contemporary Linguistics , 2(02), 152-165. https://doi.org/10.111322/1tbtf398