Implementasi Nilai-Nilai Bimbingan dan Konseling dalam Mengelola Emosi Negatif serta Membangun Relasi Harmonis antar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.111322/yx651h93Keywords:
Regulasi Emosi, Bimbingan dan Konseling , Nilai-Nilai Konseling , Hubungan InterpersonalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman mahasiswa bimbingan dan konseling dalam mengelola emosi negatif dan penerapan nilai-nilai bimbingan dan konseling untuk mendukung hubungan interpersonal yang harmonis. Berdasarkan teori regulasi emosi dan nilai-nilai bimbingan konseling seperti keterbukaan, empati, dan dukungan sosial, penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis dengan wawancara mendalam dan observasi partisipatif sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emosi negatif mahasiswa yang dipicu oleh tekanan akademik dan konflik interpersonal, berpotensi mengganggu kesehatan mental dan hubungan sosial mereka. Namun, penerapan nilai-nilai bimbingan dan konseling membantu mahasiswa meningkatkan stabilitas emosional, keterampilan regulasi emosi, serta memperbaiki interaksi sosial. Dampak positif tersebut tidak hanya memperkuat kompetensi sosial mahasiswa, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menjadi konselor profesional di masa depan. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan kurikulum pendidikan konseling yang berorientasi pada keseimbangan emosional dan penguatan kompetensi interpersonal.References
Afifah, E. N., Astutik, D., Masitoh, S., & Khoidah, I. A. (2024). Pembentukan Empati Siswa Melalui Pengembangan Metode Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Social Science Academic, 2(2), 163–180. https://doi.org/10.37680/ssa.v2i2.5795
Alfiaz, H., Diana, L., Maula, A. N., Farikhah, N. A. N., & Setyaputri, N. Y. (2024). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Multikultural untuk Meningkatkan Toleransi Perbedaan Budaya dalam Pertemanan pada Siswa SMK PGRI 4 Kediri. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/6558
Alini, Novrika, B., & Hotna Siagian, S. (2024). PKM Penggunaan Regulasi Emosi Untuk Menurunkan Kecemasan Ibu Hamil Dalam Menghadapi Persalinan Di Desa Pulau Rambai Wilayah Kerja Puskesmas Kampa. Jurnal Pahlawan Kesehatan, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.37985/jpk.v1i1.389
All Habsy, B., Salsabila, H., Salma, T., & Yuli Nurarifah, D. (2024). Merancang Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 2(12). https://doi.org/10.57185/mutiara.v2i12.297
Ananda, E. D., & Sarwono, R. B. (2022). Tingkat Kematangan Emosi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Angkatan 2022. 4(2). https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i4.618
Andani, L. F., Hanani, E. S., Wahyudi, A., Solastri, S., & Trinanda, A. (2024). Kontribusi Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO), 7(2), 311–321. https://doi.org/10.31539/jpjo.v7i2.9659
Anisa Nurbaiti, Utari Mutiara Ayu, Setya Prihatining Tyas, Bernika Meilani Ifada, & April Laksana. (2024). Pengaruh Human Relations Mahasiswa dalam Menyelesaikan Konflik di Lingkup Pertemanan. Konsensus : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum dan Ilmu Komunikasi, 1(6), 52–59. https://doi.org/10.62383/konsensus.v1i6.447
Annisa, A., & Alfaruqy, M. Z. (2024). Aku Manja dan Siap Ditempa: Merantau bagi Anak Tunggal. Jurnal EMPATI, 13(3), 1–12. https://doi.org/10.14710/empati.2024.40378
Annisa, N., Mahisani, T. P., & Arsini, Y. (2024). Pendekatan Person Centered Yang Menggunakan TeknikEmpati Dalam Menangani Body Shaming. https://doi.org/10.47435/mimbar.v5i1.73
Annisa, Z. N., Lesmana, D., Alisa, N. N., Amarunnisa, S., & Farida, N. A. (2024). Implementasi Layanan BK untuk Menangani Permasalahan Siswa-Siswa Di MTs Syech Quro Al-Alawi. 9(2). Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu sosial https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i2.1756
Anwar, K., & Madihah, H. (2023). Implementasi Keteladanan Guru Bimbingan dan Konseling Berbasis Nilai-Nilai Islam dalam Membentuk Disiplin Siswa di SMKN 1 Bati-Bati dan SMAN 1 Bati-Bati. https://eprints.uniska-bjm.ac.id/26346/
Bakhrudin All Habsy, Disma Nadya Shakila, Dhiya Khofifah, & Rendy Nuril Anwar. (2024). Konseling Analisis Transaksional: Sebuah Tinjauan Literatur. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(2), 111–129. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.275
Cornelius-White, J. H. D. (2024). Exploring experiences of person-centered and experiential counselors, therapists and trainees. Person-Centered & Experiential Psychotherapies, 23(2), 141–142. https://doi.org/10.1080/14779757.2024.2348045
Dzulfikri, M. I., & Affandi, G. R. (2023). The Relationship Between Emotion Regulation and Academic Stress in Madrasah Aliyah Students in Sidoarjo. Psikologia : Jurnal Psikologi, 10. https://doi.org/10.21070/psikologia.v10i0.1711
Habibah, R. & Indri Utami Sumaryanti. (2023). Pengaruh Skills Group Dialectical Behavior Therapy terhadap Penurunan Disregulasi Emosi Ibu. Jurnal Riset Psikologi, 17–22. https://doi.org/10.29313/jrp.v3i1.1849
Hidayat, R. R., Asfarina, L. M. A., & Surur, N. (2023). Persepsi Mahasiswa terhadap Kebutuhan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Calon Guru BK. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/6489
Hotifah, Y. (2025). Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Perspektif Layanan Bimbingan Konseling di Era Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan dan Pengelolaan Pendidikan https://doi.org/10.17977/um065.v5.i2.2025.3
Ika Ernawati & Arbiansyah Pramudya Ahzani. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pengendalian Diri Siswa Kelas VIII SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(02), 349–357. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4690
Insani, N., & Astuti, B. (2024). Pengembangan Kualitas Pribadi Konselor Secara Profesional dalam Pelayanan Bimbingan Konseling. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 9(2), 97–107. https://doi.org/10.21067/jki.v9i2.10300
Iswahyudi, M. S., Munizu, M., Muktamar, A., Bahruddin, S., & DKK. (2024). Kepemimpinan Organisasi: Teori Dan Praktik.
Jamilah, S. (2020). Bimbingan Konseling dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam,. Jurnal Kreatif https://doi.org/10.52266/kreatif.v18i1.560
Karneli, Y., & Hakim, F. A. (2024). Memahami Kesiapan Konselor dalam Pemberian Layanan Konseling Kepada Klien Jurnal Bimbingan dan Konseling. 6(2). https://doi.org/10.32585/saran.v6i2.6021
Lesmana, G., & Siregar, J. (2023). Peran Konseling Pribadi Sosial Dalam Keterampilan Komunikasi Interpersonal. Jurnal Edukatif https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif/article/view/464
Leutner, S., & Piedfort-Marin, O. (2021). The concept of ego state: From historical background to future perspectives. European Journal of Trauma & Dissociation, 5(4), 100184. https://doi.org/10.1016/j.ejtd.2020.100184
Maisyaroh, E. (t2024). Implementasi Asas Bimbingan Konseling dalam Pelaksanaan Konseling pada Peserta Didik. Jurnal Ilmiah https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.770
Manurung, N., & Rahmi, S. (2022). Pengaruh Konseling Multikultural dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 74. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6553
Martiza, N. S., & Indriyani, D. (2024). Studi Kasus: Dampak Keharmonisan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.365
Mulyani, R. R., & Usman, C. I. (2020). Analisis dan Tindak Lanjut Profil Emosi Remaja dalam Berinteraksi Sosial di Jorong Matur Katik Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Jurnal Neo Konseling, 2(3). https://doi.org/10.24036/00308kons2020
Musslifah, A. R., Anwariningsih, S. H., Cahyani, R. R., & Purnomosidi, F. (2023). Menyiapkan Mental yang Tangguh di Masa Transisi menjadi Mahasiswa.
Hasanah, I., Sa'idah, I., Fakhriyani, D. V., & Aisa, A. (2022). Bimbingan Kelompok: Teori dan Praktik. Pamekasan. Duta Medai Publishing
Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Self-Control Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Bandung. Bayani, Jurnal Pendidikan 2(2), 176–191. https://doi.org/10.52496/bayaniV.2I.2pp176-191
Nerviadi, D. I., & Nurwianti, F. (2024). Keharmonisan Keluarga dan Distres Psikologis pada Anak Perempuan Dewasa: Empati sebagai Mediator. Psyche 165 Journal, 19–26. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v17i1.322
Nurrachmah, S. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Membangun Hubungan Interpersonal Yang Efektif. Jurnal Inovasi Global, 2(2), 265–275. https://doi.org/10.58344/jig.v2i2.60
Palteki, T., Salimi, S., Younas, A., Taylan, S., & Aydın, E. (2025). Understanding patient safety during earthquakes: A phenomenological study of disaster response. BMJ Quality & Safety, bmjqs-2024-018115. https://doi.org/10.1136/bmjqs-2024-018115
Pamungkas, D. S., Sumardiko, D. N. Y., & Makassar, E. F. (2024). Dampak-Dampak yang terjadi Akibat Disregulasi Emosi pada Remaja Akhir: Kajian Sistematik. Jurnal Psikologi, 1(4), 15. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2598
Panjaitan, N. S., Adira, M. L., & Lesmana, G. (2025). Profil Pengendalian Diri Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Inklusi: Sebuah Studi Bimbingan Konseling Pribadi Sosial. 3(1).Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk/article/view/1250
Panzola, N. F. (2024). Management and Transactional Analysis Approach in Group Counseling. 2(4). Jurnal Pendidikan dan Managemen https://doi.org/10.58355/manajia.v2i4.65
Praekanata , I. W. I., Yuliastini, N. K. S., Zagoto, S. F. L., Dharmayanti, P. A., & Suarni, N. K. (2024). Inovasi Konseling Berbasis Pendekatan Holistik: Integrasi Teori, Model, dan Teknik untuk Mendukung Kesejahteraan Siswa. 2024.
Putri, M., Jamaica, A., Pratiwi, P. dkk (2024). Trauma pada Diri Remaja yang Mengakibatkan Gangguan Bipolar dan Diatasi oleh Terapi CBT. 3(1). https://proceedings.dokicti.org/index.php/CPBS/article/view/164
Qomariyah, I. N., Maradika, A. W. Y., Amelia, U. N., Firdausi, F. S., Akbar, A. F., & Muwakhidah, M. (2024). Komunikasi Interpersonal Konselor dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Menurut Perspektif Siswa. Jurnal Teaching, Learning and Development, 2(2), 77–82. https://doi.org/10.62672/telad.v2i2.43
Rahal, D., Tashjian, S. M., DKK (2023). Positive and negative emotion are associated with generalized transcriptional activation in immune cells. Psychoneuroendocrinology, 153, 106103. https://doi.org/10.1016/j.psyneuen.2023.106103
Rahayu, F., Pratomo, L. A., Ekasari, A., Astarini, D., Wijanarko, K. F., Hadyan, R. A., & Lanasier, E. V. (2023). The Role of Source Congruence in Effective Marketing Communications. Dalam D. Games & Maruf (Ed.), Proceedings of the International Conference on Entrepreneurship, Leadership and Business Innovation (ICELBI 2022) (Vol. 269, hlm. 407–418). Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-350-4_40
Rahmadani, S., Irdam, & Hardianti, P. R. (2024). Perspective Taking dengan Altruisme pada Siswa SMA X Kota Padang. Psyche 165 Journal, 121–126. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v17i2.371
Ramdhan, A. S. S., Zulfikar, M., Hasanah, U., Agustin, D. I., & Pramudita, S. (2024). Komunikasi Interpersonal Dan Budaya Kerja Dalam Meningkatkan Hubungan Dengan Pegawai Di Klinik Pelangi Bunda Medika. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 11(1). https://doi.org/10.37676/professional.v11i1.6129
Rette, G., Nurhidayah, D. I., Kusumawardani, K. I., & Prameswari, Y. (2025). Pelatihan Regulasi Emosi Menggunakan The Emotion Wheel Pada Warga Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate. 4(2). http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/13730
Robaiyani, S., Azizah, I. N., Ahyauddin, M. M., Sultonah, N., Aula, S. T., & Aini, D. K. (2024). Penerapan Teknik Relaksasi Pernapasan Dalam dan Relaksasi Benson Untuk Mengatasi Stres pada Mahasiswa di Ma’had Al Jami’ah UIN Walisongo Semarang. Jurnal Pengabdian Sosial, 2(2), 2951–2961. https://doi.org/10.59837/5d6efe57
Sa'idah, I. (2025). Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial. Pamekasan. Alifba Media.
Sa'idah, I., & Annajih, M. (2024). Konsep Dasar Bimbingan & Konseling. Pamekasan. Alifba Media.
Sari, M., Karneli, Y., & Hariko, R. (2024). Enhancing the Counseling Process: The Significance of Counselor’s Personality Traits. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 8(1), 58. https://doi.org/10.30598/jbkt.v8i1.1894
Seffila, M. W. (2024). Perbedaan Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama pada Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni dengan Fakultas Sains, Teknologi dan Kesehatan di Universitas Sahid Surakarta. JURNAL ASOSIATIF, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.47942/asosiatif.v3i1.1719
Siti Hikmah, Afifah Rahmania, Karyati Nurhaliza, Sri Puji Lestari, & Adinda Ratu Kencana Asri. (2024). Keterampilan Regulasi Emosi pada Anak di Komunitas Harapan Semarang dengan Permainan Ular Tangga. Pemberdayaan Masyarakat: Jurnal Aksi Sosial, 1(4), 88–94. https://doi.org/10.62383/aksisosial.v1i4.913
Syaharani, N. D., Anjani, N. R., Kurniawan, L. G., & Aini, D. K. (2024). Psikoedukasi Dan Teknik Relaksasi Breathing Exercise Sebagai Keterampilan Remaja Dalam Regulasi Emosi. Jurnal Pengabdian Sosial, 2(1), 2524–2530. https://doi.org/10.59837/1ktxve42
Ulfatun Najiha & Maryana. (2024). Terapi Musik untuk Menurunkan Stres pada Remaja. Jurnal Ilmiah Zona Psikologi, 7(1). https://doi.org/10.37776/jizp.v7i1.1597
Widodo, A., Rahmad, A., & Rachman, E. S. (2023). Konsep Konseling Lintas Budaya. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 271–284. https://doi.org/10.24952/bki.v4i2.6481
Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2168–2175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.1028
Zamzami, A. N., & Putri, D. T. (2024). Relevansi Teori Belajar Humanistik Carl Rogers dalam Pendidikan Karakter Perspektif Islam: The Relevance of Carl Rogers’ Humanistic Learning Theory in Islamic Perspective Character Education. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 311–332. https://doi.org/10.54150/thawalib.v5i2.361
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arinal Haq Fauziah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY-NC 4.0