Perilaku Self-Harm pada Siswa Madrasah: Tinjauan Psikologis dan Implikasi Bimbingan dan Konseling

Authors

  • Eka Liyana Universitas Islam Negeri Madura Author
  • Nurul Laily Universitas Islam Negeri Madura Author

DOI:

https://doi.org/10.111322/mt7ns631

Keywords:

Self-harm, siswa, Madrasah, Psikologis, Bimbingan dan Konseling

Abstract

Self-harm didefinisikan sebagai tindakan melukai diri sendiri secara sengaja tanpa disertai niat untuk bunuh diri, yang umumnya dilakukan sebagai bentuk pelampiasan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor penyebab, bentuk, dan dampak perilaku self-harm pada siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi non-partisipatif, wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari tiga siswa yang terindikasi melakukan self-harm sebagai informan utama, serta seorang guru Bimbingan dan Konseling (BK) sebagai informan pendukung. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan validitas data diuji melalui teknik perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber serta teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-harm pada siswa disebabkan oleh pengaruh tren media sosial (terutama aplikasi TikTok), pengaruh teman sebaya, konflik dalam keluarga, permasalahan percintaan, serta keingintahuan terhadap pengalaman baru. Bentuk self-harm yang paling umum dilakukan adalah menyayat atau menggores bagian tubuh dengan benda tajam (superficial self-mutilation). Ciri-ciri siswa yang melakukan self-harm antara lain kepribadian introvert, penampilan tertutup untuk menyembunyikan luka, kesulitan berkomunikasi, penarikan diri dari lingkungan sosial, dan adanya bekas luka fisik. Dampak dari perilaku ini mencakup kepuasan emosional sementara, penurunan rasa percaya diri, kecenderungan menghindari interaksi sosial, serta gangguan konsentrasi dalam proses belajar. Upaya yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling meliputi pemberian layanan konseling individual, bimbingan klasikal, serta kolaborasi dengan guru Pendidikan Agama Islam dan tim tata tertib untuk melakukan pengawasan dan tindak lanjut.

 

References

Adhitama, Y., & Abdul, J. (November, 2023). Mengejutkan! 870 Siswa Magetan Lakukan Self-Harm, Alasannya Ikut-Ikutan Teman. Solo Pos Jatim. https://jatim.solopos.com/mengejutkan-870-siswa-magetan-lakukan-self-harm-alasannya-ikut-ikutan-teman-1784388/amp#amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=17145442048915&referrer+https%3A%2F%2Fwww.google.com

Afra H., et.al. (2023). Gambaran Perilaku Non-Suicidal Self-Injury (NSSI) Pada Siswa SMAN 1 Bogor. Guidance, 20 (1), 93-100. https://uia.e-journal.id/guidance

Agustin, D., & Wulida, N. (2024). Fear of Missing Out (FoMo) pada Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Self-Injury/Self-Harm: Kajian Sistematik. Jurnal Psikologi, 4 (1), 1-14. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2558

Agustin, D., Tenri, F., & Anindya D., P. (2022). Hubungan Kesepian dan Deliberate Self-Harm pada Remaja: Relationship Between Loneliness and Delibrater Self-Harm Among Adolescences. Serina IV Untar, 1 (2), 79-84. https://doi.org/10.24912/pserina.v2i1.18513

Almas A., Q., et.al. (2023). Faktor-Faktor Pendorong Self-Harm pada Santri Remaja Putri. Islamic Education and Counseling Journal, 1 (2), 1-8. https://jurnal.stitihsanulfikri.ac.id/index.php/iecj/article/view/53

Bado, B. (2022). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. Klaten: Tahta Media Group.

Putri, N., R., & Eko N. (2020). Pengaruh Harga Diri terhadap Kecenderungan Perilaku Self-Injury pada Siswa SMP Negeri 1 Di Kecamatan Tembalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Edukasi, 2 (6), 139-151. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/38503

Sulistyawati. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: K-Media.

Thesalonika, & Nurlina C., A. (2021). Perilaku Self-Harm Atau Melukai Diri Sendiri Yang Dilakukan Oleh Remaja (Self-Harm or Self-Injuring Behavior by Adolescents). Pekerjaan Sosial, 2 (4), 213-224. https://doi.org/10.24198/focus.v4i2.31405

Ulya, F., N., & Icha R. (Maret, 2023). 49 Anak Sekolah Lakukan "Self-Harm", Menteri PPPA: Miris, Mereka Ikuti Tren Media Sosial. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2023/03/20/10371891/49-anak-sekolah-lakukan-self-harm-menteri-pppa-miris-mereka-ikuti-tren-media

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles

How to Cite

Perilaku Self-Harm pada Siswa Madrasah: Tinjauan Psikologis dan Implikasi Bimbingan dan Konseling. (2025). Journal of Counseling & Psychotherapy Research , 1(1). https://doi.org/10.111322/mt7ns631